Sunday, May 26, 2013

A Perfect Prize


Besok gue ada lomba. Lomba pertama gue di SMA. Gue udah kelas XI, tapi gue belum pernah ikutan lomba sebelum ini. Sebenernya gue bukan tipe orang yang gak aktif kaya gini. Gue cukup sering ikut lomba waktu SMP. Tapi beda sama sekarang, sekarang gue rada pasif soalnya gue males sama peraturan-peraturan di sekolah gue. Sedikit membosankan, terlalu menekan. Tapi ya gimana lagi. Berhubung ini yang pertama dan terakhir buat gue, so gue mau nunjukin bakat gue sebaik-baiknya. Gue belajar keras tiap hari, berusaha fokus sama penjelasan apapun yang guru kasih. Pokoknya gue effort maksimum. Tapi sebenernya ada hal yang ngeganjel di hati gue. Gue takut, takut gabisa ngasih yang terbaik. Dan waktu gue asik melamun….“Brukk!”  gue ga sengaja tubrukan sama Avril, musuh bebuyutan gue.
“Heh! Apa maksud lo nubruk gue?” ucap Avril lantang. Gue sedikit meringis, jus yang Avril bawa tumpah ke lengan  baju gue.
“Lo tuh yang apa maksudnya numpahin jus lo ke gue.” jawab gue nyolot.
“Plis banget sadar diri siapa yang ngelamun terus nubruk gue, udah deh jangan nyari masalah lo sama gue.”
“Tapi lo juga sadar diri dong plis, liat nih tangan gue!” ucap gue dengan nada makin tinggi.
“Ya itusih salah lo sendiri, makanya jalan tuh pake mata, lagian lo lagi jalan tapi mata lo ga…….” Tiba-tiba seseorang yang dari tadi ada di sebelah Avril menyela,
“Udah deh Vril gausah diperpanjang, lagian lo juga ga kenapa-kenapa kan, justru si Sheila yang kenapa-kenapa.” ucap Dion. Gue yang ga peduli sama selaan Dion ke Avril langsung muter bola mata.
“Ya ampun Dion, orang ini yang pertama nyolotin gue, lo belain gue dong.” ucap Avril manja. Gue hampir muntah dengernya. “Hah…..” Dion hanya menghela nafas panjang. Avril tersenyum menang lalu tiba-tiba menggandeng tangan Dion. Dion hanya diam dengan mimik muka kesal. Avril yang lagi manja-manjaan langsung ngeliat ke arah gue.
“Plis deh ya, orang ga mutu kaya lo itu ga perlu so penting.” Habis ngomong gitu dia pergi sambil narik Dion so mesra. Gue langsung pengen muntah. Dan, tadi Avril bilang gue apa? Ga mutu kata dia? Liat aja, gue bakal buktiin kalo gue orang bermutu dibanding dia. Awas aja tuh orang!
Besoknya gue siap-siap dari rumah pagi banget. Tempat lombanya bukan di sekolah gue dan gue gatau dimana tempatnya jadi mau gamau gue harus berangkat pagi soalnya gue harus numpang Rara, yang mau lomba juga kaya gue. Tapi sebelum itu, gue harus pergi dulu ke sekolah dan nyari mobil. Gue takut telat. Soalnya kalo gue naek angkot dari jam segini, pasti macet belom lagi angkotnya nyari penumpang, mati aja gue kalo telat. Ditambah lagi, gaada satu angkot pun yang lewat dari tadi. Pas gue lagi panik, tiba-tiba ada orang naek motor tiger yang nyamperin gue. Terus tiba-tiba orang itu nyapa gue dengan santainya
“Hei, Shei.” Dion. Gue kaget sesaat, terus jawab tak acuh,
“Hai, juga.”
“Perlu tumpangan?” Tanya Dion sambil senyum. Gue langsung merhatiin Dion dari atas sampe bawah. Sebenernya, gue lagi menjauhi makhluk yang namanya cowo, gue ga percaya sama cowo. Bokap gue, yang selalu dapetin apapun yang dia mau dari nyokap gue, selingkuh. Padahal mereka udah nikah lebih dari 15 tahun. Gimana gue ga enek sama cowo. Tapi buat kali ini setelah dipikir-pikir, boleh juga, lagian kan buat lomba.
 “Seriusan?” Tanya gue setengah bingung.
“Beneran deh, lagian gue liat di belakang macet berat, gue aja nyelip-nyelip.” Jawab dia santai.
“Oh, pantesan aja dari tadi gaada mobil.”
“Jadi?” Akhirnya gue senyum ngeiyain daripada gue telat, terus Dion ngasih helmnya ke gue. Dan kita sama-sama pergi ke sekolah.
Sepanjang perjalanan gue fokus sama sketsa gue buat lomba dan waktu gue ga sengaja liat ke depan, gue kaget karena ternyata sekolah gue udah kelewat dari tadi.
“Yon, kita mau kemana? Gue harus numpang Rara nih masalahnya." Kata gue sedikit kesel. Kok nih orang semau dia banget sih, dasar cowo ga ada yang ga nyebelin.
“Tenang aja, Shei, gue yang bakal nganter lo ke tempat lomba.” Jawab dia kalem.
“Seriusan lo?” Tanya gue ga percaya.
“Iya, bentar lagi yampe.” Gue yang asalnya kesel mau ga mau jadi seneng juga dan akhirnya tanpa sengaja gue megang pinggang Dion. Sesaat Dion kaya negakin badannya gitu dan pas gue sadar gue langsung lepas pegangan gue. Ga lama, bener apa yang Dion bilang, kita nyampe ke tempat lomba. Tempatnya biasa aja, tapi tempatnya udah penuh sama orang yang mau lomba. Akhirnya gue turun dari motor, lepas helm, bilang makasih dan say good bye sama Dion.
Thanks ya, Yon.”
“Sip, Allah bless you, Shei.” Doanya, gue cuma senyum aja terus langsung ngedadahin tangan. Sebelum pergi, gue aminin dulu doanya.
“Amin. Gue duluan ya.” Habis itu gue langsung balikin badan.
“Eh, Shei, sebentar.” Panggil Dion sambil narik tangan gue, refleks, gue lepas tangannya dari tangan gue.
“Kenapa Yon? Any problem?” Tanya gue spontan, kaget.
No, it isn’t, cuma mau ngomong, ntar pulang lo gue jemput lagi ya.”
What for?” Tanya gue yang bener-bener ga ngerti apa maksudnya.
“Yaaa biar lo ga nyasar aja Shei, gimana?” jawabnya so cool.
“Ga usah, Yon. Ntar malah ada gosip ga jelas.” Gue jawab.
It will not be, trust me.” Ucapnya pake wajah memelas. Gue yang ga tegaan akhirnya ngeiyain juga.
“Yaudah kalo emang ga ngerepotin lo.” Dan dia senyum sambil ngomong,
Wait  me here at 3 pm o’clock ya Shei, see you.”
Alright then, see ya.”
Success!” ucapnya menyemangati.
“Amin.” Bales gue dan habis itu, motor Dion pun langsung ninggalin tempat dan ngilang di belokan depan sekolah. Gue langsung ke tempat registrasi ulang terus ke tempat lomba yang bakal gue ikutin. Melukis. Setelah sekitar sepuluh menit muter-muter nyari ruangan, gue akhirnya masuk ke ruangan gue dan duduk dengan khusyu disana. Gue ngelemesin otot-otot tangan gue, biar nanti ga kaku dan keram. Beberapa menit kemudian, lomba pun dimulai. Tema gambarnya hiruk pikuk perkotaan. Gambar yang kayanya bakal gampang-gampang susah dibikin. Sebenernya gue udah ada sketsa atau gambaran apa yang bakal gue lukis, tapi tetep aja susah buat ngewujudinnya. Sebelum mulai ngelukis, gue berdoa dulu ke Allah semoga Dia bantu gue buat ngerahin semua kemampuan gue sehingga gue bisa ngerjain lukisan ini semaksimal mungkin.
Empat jam pun berlalu. Panitia udah nyuruh semua peserta buat beres-beres. Sebelum gue keluar ruangan dan beres-beres, gue liatin dulu lukisan hasil karya gue dan berdoa lagi sama Allah, semoga Allah memberikan gue yang terbaik buat gue. Apapun itu, menang atau kalah, yang penting, yang terbaik. Lima menit setelah waktu berakhir gue baru keluar dari ruangan. Gue langsung ke kantin, gue laper. Dan setelah jajan beberapa snack, gue pergi ke tempat tadi janjian sama Dion. Gue ga yakin dia mau jemput gue. Ini kan masih jam sekolah. Dan ternyata diluar dugaan, dia udah ada di situ. Akhirnya gue langsung lari buru-buru ke dia.
“Hai, Yon, gue kira lo ga dateng.” Sapa gue.
 “Ga mungkin gue ga nepatin janji gue.” Jawab dia kalem sambil sedikit nenggakin kepala buat liat wajah gue.
“Ngomong-ngomong, gimana cara lo keluar dari sekolah jam segini?” Tanya gue retoris, gue kaya yang gatau aja dia gimana di sekolah.
“Ga penting banget deh lo ngomong gitu, lo kaya yang ga kenal gue aja.” Gue pun senyum. Dia berdiri terus langsung ngasihin helmnya ke gue.
“Emangnya lo tau rumah gue, ya Yon? Sampe mau nganter segala.” Tanya gue iseng.
“Engga juga sih, tapi kan gue bisa nanya sama lo dulu. Eh, Shei, lo laper ga?”
“Laper, kenapa emangnya?” gue udah merasakan hal ganjil disini, ngapain dia nanyain hal krusial gitu,ya?
“Makan dulu, yuk. Gue laper banget nih.” Ucapnya. Gue diem sejenak, mikir beberapa saat. Kira-kira baik ga ya nolak ajakan dia, padahal kan dia yang udah bantu gue hari ini. Gue gamau dikenal sebagai orang yang ga sopan, terima aja deh.
“Yang ngajakin yang traktir tapi ya.” Jawab gue akhirnya.
“Okedeh.” Dan akhirnya kita pun berhenti di salah satu ruko makanan pinggir jalan. “Pesen gih.” Dan tanpa ba bi bu, gue langsung pesen makanan, gue laper banget aslinya. Lima belas menit, sambil nunggu makanan, gue ngobrol sama dia. Sebenernya gue ga terlalu deket sama dia, cuma ga tau kenapa hari ini ko gue ngerasa deket banget sama dia ya? Gue juga ga ngerti.
“Shei boleh nanya ga?” ucap dia tiba-tiba, padahal sebelumnya kita lagi ngomongin tindakan ekonomi apa yang pas buat Negara kita ini. Biarpun ga jenius di kelas, tapi ternyata dia orangnya smart juga, cinta Negara, lagi.
“Mau nanya apa lagi lo?” jawab gue asal.
“Bener, ya.. Lo jangan marah gue ngomong gini.”
“Iya, buat apaan juga marah.”
“Gue suka sama lo, Shei.” Dan gue yang asalnya lagi ngunyah makanan otomatis langsung berhenti. Hening sejenak, terus akhirnya gue ngunyah lagi.
“Kenapa? Ko lo diem Shei?” Gue abisin makanan gue dulu, baru gue jawab.
 “Ya emang gue harus ngapain kalo lo ngomong gitu?” Dia cuma senyum. Dan gue gatau mau ngapain atau harus gimana.
“Lo itu kaya bintang buat gue, Shei. Ga kegapai. Udah lama gue naksir lo, tapi gimana, gue ga deket sama lo. Ga ada juga temen deket gue yang tau tentang lo, jadi selama ini gue, yaaah…. Suka sama lo secara diem-diem. Awalnya gue milih diem aja, karena gue gamau lo ngerasa risi, tapi lama-lama gue juga ga kuat nahannya. Sori ya kalo ini bikin lo ga suka.” Gue cuma diem, kesanjung juga, gatau kalo selama ini ternyata ada yang naksir gue dengan cara yang kaya gitu. Padahal gue kan ga populer di sekolah.
“Lo ga papa kan gue ngomong gini?” Gue senyum, terus jawab sambil tetep senyum.
“Engga kok, but thanks for like me, gue kaget aja kok bisa lo naksir sama gue.” Dia seyum,
“Gue juga bingung sebenernya kenapa bisa.” Kita senyum bareng.
“Lo nya gimana ke gue kalo gue boleh tau?” Gue diem, gue mau jawab apa? Gue lagi ga naksir siapa-siapa.
“Gue… jujur aja, lagi ga naksir sama siapa-siapa.”
“Trauma?” Tanyanya tepat sasaran.
“Iya, bokap gue…..” jawab gue jujur.
 “Oh.” Hening.
“Tapi boleh ga kalo gue mau pedekate-in lo?” Tanya dia polos banget, spontan gue ketawa.
“Hahaha, lucu lo, mau pedekate kok izin dulu.”
“Gue serius loh.” Gue diem lagi, gatau mau jawab apa. Dia udah gue tolak, tapi kok nekat banget kayanya. Gue emang lagi ga deket sama siapa-siapa. Dan gue emang lagi diskepercayaan sama cowo. Tapi itu bukan berarti gue nutup diri juga dari cowo. Jadi, gimana? Asalnya gue mau sengaja ga jawab, tapi dia ngeliatin gue segitunya, akhirnya gue jawab seadanya aja.
“Oh, yaudah sih itu terserah lo aja, tapi gue ga janjiin apa-apa loh.” Dia senyum.
“Oh, dan satu lagi, gue gamau Avril salah nangkep, gue bĂȘte sama dia, gue ga ngapa-ngapain aja dia sensi, bikin naik darah.” Ucap gue, sambil sedikit mengenang kisah antara gue dan Avril.
“Haha, oh itu…. Lo tenang aja, lo bakal aman dari dia mulai sekarang.”
“Tapi gue takut, gimana kalo ini malah bikin dia kesel?”
“Engga kok. Sebenernya dia itu cemburu sama lo, soalnya dia suka sama gue dan gue suka sama lo. Jadinya dia kaya gitu sama lo. Waktu gue nolak dia, dia nantang gue buat nyari tau perasaan lo ke gue, kalo lo suka juga sama gue, dia bakal ngalah.”
“Kalo engga?” Tanya gue, iseng.
“Gue bakal cari cara biar lo suka sama gue.” Gue langsung diem. Seserius itukah dia ke gue? Ga kerasa, sekarang udah sore. Gue yang gatau mau ngapain lagi karena udah stuck di obrolan tentang ‘dia suka sama gue’, akhirnya ngajakin dia pulang.
“Balik, yuk. Udah sore.”
“Sip.” Akhirnya dia berdiri dan nganter gue sampe rumah gue. Dan waktu gue mau masuk rumah, dia nahan gue lagi,
“Eh, Shei ngomong-ngomong, gue minta nomor hape lo dong.” Gue sempet diem dan keget sejenak sambil membatin gue pun ngasih nomor gue ke dia.
Beberapa minggu berlalu, hingga pada hari Senin pas upacara berlangsung, tiba-tiba nama gue dipanggil sama Ibu Kepsek, gue yang bingung terus maju aja. Dan waktu di depan, tiba-tiba gue di kasih piala “Selamat atas kemenangannya di lomba melukis se-Jakarta.” Gue kaget dan besyukur.
Otomatis setelah turun gue langsung nyariin Dion, tapi bahkan, sebelum gue sempet nyari dia, dia udah nunggu gue duluan di barisan. Sambil senyum jail dia bilang.
“Nah, apa gue bilang, lo emang jago.” Gue ga bisa berhenti senyum, gue seneng, apalagi... sekarang Dion lagi senyum ke arah gue. Gue jadi tambah seneng. Semenjak waktu lomba itu, Dion sering banget ngehubungin gue, mulai dari sms sampe nelpon gue. Awalnya gue sering cuekin dan diemin aja, tapi dia ga pernah nyerah. Intensitas ketemu gue sama dia juga jadi nambah. Sebisa mungkin dia selalu nyempetin ketemu sama gue, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Setiap gue lagi ada masalah, dia selalu bantu gue, dia selalu nyemangatin gue, dia juga sering bikin sureprize buat gue. Sureprize-sureprizenya sering dia sebut ‘penghargaan buat gue’ soalnya dia bersyukur banget suka sama gue. Seperti halnya gue sekarang, bersyukur banget dia ada disini. Dia, ngisi bagian dari hati gue yang sebenernya kesepian. Dan dia semakin lama semakin ngikis perasaan kesel gue ke cowo. Dia juga ngajarin gue ngerubah pendapat gue tantang cowo, bahkan tentang bokap gue.
Masalah Avril……. Dia bener-bener megang janjinya. Bahkan sekarang, dia udah ngeduluin gue sama Dion, Avril udah punya cowo. Waktu gue lagi asik nostalgia ngebayangin Avril sama Dion dulu, tiba-tiba Dion manggil gue dan ngerusak semua bayangan gue.
“Shei?”
“Ya? Kenapa Yon?”
“Boleh nanya sesuatu ga?”
“Mau nanya apa?”
“Lo mau ga jadi pacar gue?” Dan ga pake lama, gue langsung senyum dan ngangguk, dia ngeliat gue lega dan langsung ngerangkul gue. Akhirnya  gue punya cowo, nyusul Avril, cowo yang berhasil bikin gue suka sama dia, cowo yang selalu nyemangatin gue, dan selalu ada buat bantu gue, cowo yang udah ngasih penghargaan setinggi-tingginya ke gue melebihi penghargaan yang dikasih sekolah ke gue, hadiah dari Allah buat gue, Dion.

No comments: